Minggu, 14 Desember 2014

RPP SOSIOLOGI KELAS X KUR 13 KD 3.3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan              : SMA Negeri 1 Dringu
Kelas/Semester                   : X / GASAL
Mata Pelajaran                    : SOSIOLOGI
Materi Pokok                      : RAGAM GEJALA SOSIAL DALAM
                                              MASYARAKAT
Alokasi Waktu                    : 5 x 3 Pertemuan
Pertemuan ke                      : Pertemuan ke 11 (s/d 15)


A.    Kompetensi Inti
            KI 1    :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3   : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4   : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
  1.1.   Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.1.  Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
             2.2  Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
             3.3 Menganalisis berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat
                   3.3.1 Mengidentifikasi gejala sosial dalam masyarakat
                   3.3.2 Menganalisis gejala sosial dengan menggunakan konsep dasar sosiologi
            4.3    Melakukan kajian, diskusi, dan mengaitkan konsep-konsep dasar sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami  hubungan sosial di masyarakat
      4.3.1   keterampilan mengkaji konsep-konsep sosiologi untuk memahami hubungan   sosial antar individu, antar individu dan kelompok serta antar kelompok
4.3.2 ketrampilan berdiskusi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami  hubungan sosial di masyarakat
                  4.3.3   ketrampilan menerapkan dan mengaitkan konsep-konsep dasar sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami  hubungan sosial di masyarakat

C.    Tujuan Pembelajaran
    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu
1.      Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain
2.      Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
3.      Merespon secara positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar
4.      Menganalisis berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial di masyarakat
5.      Melakukan kajian, diskusi, dan mengaitkan konsep-konsep dasar sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial dalam memahami  hubungan sosial di masyarakat       

1.      Materi Pembelajaran
Fakta
1.     Ragam gejala sosial di masyarakat, terutama masyarakat pantai Dringu

Konsep
1.    Mengenali macam-macam gejala sosial di masyarakat, terutama masyarakat pantai Dringu
2.    Penggunaan konsep dasar sosiologi dalam menganalisis gejala sosial

Prinsip/Prosedur
1.    Mengenali ragam gejala sosial dalam masyarakat
2.    Pemilihan konsep dasar sosiologi yang tepat untuk menganalisis gejala sosial

2.      Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan                           : inquiry Aproach
b.      Model Pembelajaran             : diskusi dan penugasan
c.       Metode Pembelajaran           : study literatur, diskusi


3.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  • Memberikan salam
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
  • Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
  • Guru memberi pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi minggu lalu yaitu konsep dasar sosiologi dan hubungan sosial
  • Guru menegaskan topik yang akan dipelajari
  • Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
  • Guru menegaskan tentang topik “ragam gejala sosial dalam masyarakat”
5  menit
Inti
Kegiatan 1: Mengamati
·         Guru menyajikan fenomena gejala sosial melalui foto tentang pantai Dringu
·         Peserta didik ditugasi mempelajari tentang macam-macam gejala sosial dan konsep dasar sosiologi dari berbagai sumber literatur

Kegiatan 2: Menanya
·         Peserta didik dimotivasi untuk merumuskan masalah berkaitan dengan hasil identifikasi foto dan sejumlah sumber data
·         Guru menugaskan peserta didik untuk merumuskan hipotesis berdasarkan rumusan masalah

Kegiatan 3: Mengumpulkan informasi/eksperimen
·         Peserta didik diminta mengumpulkan data hasil observasi melalui pengamatan atau dari berbagai sumber literatur
·         Peserta didik ditugaskan untuk mendiskusikan dengan teman

Kegiatan 4: Mengasosiasikan/mengolah informasi
·         Peserta didik menganalisis berbagai data dan informasi tentang hubungan konsep dasar sosiologi dengan ragam gejala sosial
Kegiatan 5: Mengomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan dan mendiskusikan hasil kerja kelompoknya, serta saling tukar informasi tentang hubungan konsep dasar sosiologi dengan ragam gejala sosial yang lain dengan kelompok lain
……70…..menit
Penutup
Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang materi yang baru didiskusikan
·      Peserta didik diberi pertanyaan acak untuk mendapatkan umpan balik
·      Guru memberikan kesimpulan dan memberikan tugas untuk persiapan minggu berikutnya.
·      Guru mengakhiri pelajaran dengan salam

10.menit

4.    Alat / Media / Sumber Pembelajaran
a.      media
1.      powerpoint konsep dasar sosiologi dan ragam gejala sosial
2.      Gambar hubungan sosial
b.      Alat
1.      Laptop, LCD
2.      Papan tulis
c.       Sumber pembelajaran
Buku Sosiologi kelas X Yudhistira kurikulum 2013

5.    Penilaian hasil belajar
a.       Bentuk Instrumen berupa tes:
1.      Tes tulis bentuk uraian beserta pedoman penskoran (Penilaian kompetensi pengetahuan) (Lampiran 1)
b.      Bentuk Instrumen berupa Non Tes:
Observasi untuk penilaian perilaku ilmiah beserta pedoman penskoran (Lampiran 2)





Mengetahui,                                                                            Kab. Probolinggo, 14 Juli 2014
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran,




AHMAD SUDIARTO, S.Pd, MM.                                       LUTHFIA NURHANIFAH, S.Sos
NIP. 19670613 199703 1 006                                                            NIP. -

LAMPIRAN


Lampiran 1. Penilaian Hasil Belajar



No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran ………………….
b.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.    Menjelaskan kembali pengertian …………………………………….
b.    Menyatakan kembali ……………………………………….


Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.    Terampil menerapkan ………………………………………………..
b.    Terampil mengerjakan ………………………………………………………

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

Kompetensi yang akan dinilai          : Pengetahuan
Bentuk Penilaian                                 : Tes Tulis
Jenis                                                    : Subyektif















Lampiran 2.

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran         :sosiologi
Kelas/Semester        : X/ gasal.
Tahun Pelajaran      : 2014/2015
Waktu Pengamatan            :

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran ………………….
1.    Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.    Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.    Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.    Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.    Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.    Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

 Contoh Form : A
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










4











Keterangan:
KB       : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik














Lampiran 3.


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN (Model A)

Mata Pelajaran                     : sosiologi
Kelas/Semester                    : X/2
Tahun Pelajaran                  : 2014/2015
Waktu Pengamatan                       
:

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan ……………………………
1.    Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan ………………….
2.    Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan …………………………..tetapi belum tepat.
3.    Sangat terampill  jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan …………………………… dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.


No

Nama Siswa

Keterampilan
KT
T
ST
1




2




3




4




5




Dst.





Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST       : Sangat terampil



                                   











Lampiran 4

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN (Model B)


Mata Pelajaran                     : sosiologi
Kelas/Semester                    : X/2
Tahun Pelajaran                  : 2014/2015
Waktu Pengamatan                        :
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.


No

Nama Siswa

Keterampilan

Indikator
KT
T
ST
1




KT (Kurang terampil) jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
T (Terampil) jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
ST (Sangat terampil)  jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20





Keterangan:

KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST       : Sangat terampil

                                   Nilai Tes + Nilai Kinerja (Sikap+Pengetahuan+Keterampilan)
Nilai Akhir (NA)  :
                                                               Jumlah Bobot





Mengetahui,                                                                            Kab. Probolinggo, 14 Juli 2014
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran,




AHMAD SUDIARTO, S.Pd, MM.                                       LUTHFIA NURHANIFAH, S.Sos
NIP. 19670613 199703 1 006                                                            NIP. -
                       
Lampiran .5.

 Penilaian Portofolio

Sekolah                                 : _________________________________________________ 
Matapelajaran                     : _________________________________________________ 
Durasi Waktu                       : _________________________________________________
Nama Peserta didik           : _________________________________________________
Kelas/SMT                            : _________________________________________________


No.
KI/KD/PI
Waktu
Berbicara
Tata Bahasa
Kosa Kata
Ucapan

Keterangan

1

Pengenalan
16/08/2014





24/08/2014





17/09/2014





Dst ……






2

Penulisan
12/10/2014





22/10/2014





Dst …….





3
Ingatan Terhadap Kosa Kata
15/11/2014





15/12/2014





Dst……






Catatan:

Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio. Skor yang digunakan dalam penilaian portofolio menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 – 100. Kolom keterangan diisi oleh guru untuk menggambarkan karakteristik yang menonjol dari hasil kerja tersebut.
















Lampiran . 6

Contoh Format Penilaian Konsep Diri Peserta Didik

Nama sekolah          : ________________________________________________ 
Mata Ajar                   : ________________________________________________ 
Nama                                     : ________________________________________________ 
Kelas                          : ________________________________________________ 



No.

Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1
Saya berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME agar mendapat ridho-Nya dalam belajar


2
Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


3
Saya optimis bisa meraih prestasi


4
Saya bekerja keras untuk meraih cita-cita


5
Saya berperan aktif dalam kegiatan sosial di sekolah dan masyarakat


6
Saya suka membahas masalah politik, hukum dan pemerintahan


7
Saya berusaha mematuhi segala peraturan yang berlaku


8
Saya berusaha membela kebenaran dan keadilan


9
Saya rela berkorban demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara


10
Saya berusaha menjadi warga negara yang baik dan bertanggungjawab



Inventori digunakan untuk menilai konsep diri peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan diri peserta didik.Rentangan nilai yang digunakan antara 1 dan 2. Jika jawaban YA maka diberi skor 2, dan jika jawaban TIDAK maka diberi skor  1. Kriteria penilaianya adalah jika rentang nilai antara 0–5 dikategorikan tidak positif; 6–10, kurang positif; 11– 5 positif dan 16–20 sangat positif.

















Lampiran .7. MATERI

BAB III RAGAM GEJALA SOSIAL DALAM MASYARAKAT
A.      MENGENALI GEJALA SOSIAL DALAM MASYARAKAT
Konsep dasar yang sudah dipelajari pertemuan kemarin dapat membantu mengenali gejala-gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan suatu masyarakat. Gejala-gejala sosial tersebut ada yang dianggap wajar, adapula yang dianggap tidak wajar. Namun, ada pula gejala yang dianggap wajar tersebut adakalanya berlangsung secara tidak normal atau tidak dikehendaki. Misalnya perubahan sosial dan budaya akan selalu terjadi seiring dengan perubahan zaman yang semakin maju, namun perubahan sosial seringkali diiringi oleh perubahan perilaku anggota masyarakat yang cenderung melanggar nilai dan norma sehingga menimbulkan gejala sosial yang negatif seperti kriminalitas, penyimpangan perilaku, dan lain sebagainya.

B.      RAGAM GEJALA SOSIAL
a.      Penurunan kualitas moral (demoralisasi)
b.      Terorisme
c.       Disorganisasi keluarga
d.      Kemiskinan
e.      Kenakalan remaja (delinkuensi)
f.        Perilaku menyimpang
g.      Keberagaman kelompok sosial dan budaya

C.      PENGGUNAAN KONSEP DASAR SOSIOLOGI DALAM MENGANALISIS GEJALA SOSIAL
Sosiologi sangat berperan dalam membantu peneliti untuk menganalisis berbagai gejala sosial dalam masyarakat. Analisis tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep dasar sosiologi yang telah kita pelajari sebelumnya. Misalnya, untuk menganalisis gejala sosial yang menyangkut masalah kenakalan remaja seperti tawuran, maka konsep dasar sosiologi yang digunakan untuk menelaah masalah tersebut  antara lain pola interaksi sosial sosial di kalangan remaja tersebut, solidaritas kelompok sosialnya, kebudayaan yang dianut, hingga perubahan sosial di sekitar remaja tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar